Dogecoin Mata Uang Internet Saingan Bitcoin

Makin banyak saja mata uang digital bermunculan setelah dipicu popularitas bitcoin. Ada beberapa cryptocurrency yang sengaja dibikin untuk jadi nilai tukar, tapi ada juga yang awalnya hanya untuk main-main tapi jadi serius. Contohlah mata uang yang bernama Dogecoin. Seperti dikutip dari The Verge, Rabu (18/12/2013), Doge adalah tokoh rekaan berupa seekor anjing yang sering jadi 'internet meme' alias bahan lelucon di dunia maya.

Nah, seiring dengan naiknya popularitas cryptocurrency atau nilai tukar digital, maka muncullah Dogecoin yang awalnya cuma untuk mengolok-olok Bitcoin yang nilai tukarnya bergerak tak karuan, kadang naik tinggi dan tak jarang pula anjlok drastis. Apa mau dikata, dari awalnya hanya untuk mengejek Bitcoin kini Dogecoin malah ikut-ikutan tenar, nilainya mulai naik dan punya penggemar sendiri. Padahaln Dogecoin ini baru beredar awal Desember ini.

Bahkan ada orang yang sengaja memfasilitasi transaksi Dogecoin melalui situs Dogemarket. Di situs ini, berbagai barang bisa dibeli memakai Dogecoin, meski saat ini nilai satu Dogecoin hanya sebanding dengan US$ 0,00023. Nilainya itu memang masih jauh jika dibandingkan dengan Bitcoin yang nilainya sudah pernah menembus US$ 1.200 dan kini diperdagangkan di kisaran US$ 700-an. Tapi dulu juga Bitcoin memulai dengan nilai yang juga hampir sama kecilnya. Meski demikian, sekarang ini makin banyak orang yang bertransaksi dan menambang mata uang digital baru ini. Para penggemar fanatik dari meme Doge ini bahkan langsung membuat forum resmi bernama Dogecoin.org untuk membantu para pemula yang tertarik menggunakan Dogecoin.

Yang belum mempunyai wallet dogecoin silahkan membuatnya di:




  1. Dogevault dompet online
  2. Dogecoin wallet/dompet offline (download sesuaikan dengan OS yang anda gunakan)


Artikel Terkait: